Taman Nasional Terindah di Indonesia

By | 8 Desember 2019

Ketika datang ke keindahan alam, daya tarik Indonesia tidak terbatas, dengan banyak atraksi yang dapat dipilih. Tujuan berikut cukup menonjol dan indah sehingga negara telah mendeklarasikan dan melestarikannya sebagai kawasan yang dilindungi secara nasional. Dari gunung hingga lautan, temukan taman nasional terindah di Indonesia.

Taman Nasional Komodo

Mengatakan bahwa Taman Nasional Komodo adalah objek wisata yang unik akan meremehkan, karena memiliki kualitas yang tidak dimiliki tempat lain di dunia. Taman nasional ini adalah satu-satunya tempat di mana orang dapat menemukan spesies langka dan purba dari komodo , salah satu spesies hewan tertua yang masih ada sampai sekarang dan sering dijuluki sebagai “dinosaurus terakhir di bumi.” Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar – Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca – dan beberapa pulau kecil. Satwa liar yang kaya di tempat itu jauh melampaui naga, dengan keanekaragaman hayati yang melimpah mulai dari rusa Timor yang besar, duyung, lumba-lumba, penyu, serta 1.000+ spesies ikan tropis, karang, dan spons. Karena pantai dan perbukitannya yang mempesona, Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo juga merupakan tujuan bulan madu yang populer.

Taman Nasional Tanjung Puting

Terletak jauh di salah satu paru-paru paling terkemuka di dunia, Kalimantan, daerah ini menjadi rumah yang indah bagi primata orangutan yang menggemaskan, serta spesies asli lainnya seperti babi berjanggut, ular piton, dan tanaman kantong semar. Taman, dengan luas 416.000 hektar, terdiri dari hutan, rawa-rawa, hutan bakau, dan bahkan pantai pantai, menyajikan pengunjung dengan berbagai macam flora dan fauna. Selain destinasi ekowisata yang populer, taman ini juga memiliki pusat penelitian dan fasilitas konservasi untuk orangutan.

Taman Nasional Bunaken

Di seluruh kepulauan Indonesia yang luas, Taman Nasional Bunaken mencakup salah satu tempat terpadat di planet ini untuk keanekaragaman hayati laut . Ia memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya yang terletak di dasar laut, termasuk dinding karang vertikal besar dan mengesankan yang dihuni oleh berbagai karang, sepon, dan moluska. Dengan fitur-fitur yang mengesankan, Taman Nasional Bunaken memiliki setidaknya 20 titik penyelaman populer dengan berbagai highlight, tingkat kesulitan, dan kedalaman. Di luar laut, keindahan taman nasional ini meluas ke wilayah daratannya, dengan pohon-pohon palem yang rimbun, pohon kelapa, dan spesies endemik rusa liar, kera, dan beruang cuscus.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman nasional yang luas ini membentang di empat provinsi di Sumatra dan termasuk puncak gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Kerinci . Alam yang masih alami membantu satwa liar untuk berkembang di daerah ini, menjadikan taman nasional rumah bagi campuran spesies aneh. Lebih dari 4.000 spesies tanaman juga menyebut taman itu rumah, termasuk bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldi, dan juga bunga tertinggi, Titan arum . Kawasan ini juga merupakan habitat alami spesies harimau, badak, dan burung yang dilindungi.

Taman Nasional Ujung Kulon

Ledakan Krakatau besar-besaran pada tahun 1883 melenyapkan desa-desa, yang, pada gilirannya, menyebabkan manusia mengungsi, di daerah yang sekarang menjadi taman nasional, memungkinkan semenanjung itu menjadi tempat berbagai flora dan fauna. Puluhan tahun kemudian, orang-orang kembali, tetapi hanya untuk melestarikan dan mengamati satwa liar yang hidup di hutan hujan dataran rendah. Taman ini mencakup pulau-pulau Krakatau, beberapa pulau kecil di dekatnya, dan area semenanjung di bagian paling barat Jawa. Taman lindung ini merupakan rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah, termasuk badak bercula satu yang ikonik, rusa jawa Jawa, owa keperakan, dan banyak lagi.

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Lampung, Sumatra, Taman Nasional Way Kambas adalah rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah, termasuk gajah, harimau, dan badak Sumatera. Secara lokal, taman ini terkenal sebagai habitat dan kawasan konservasi bagi gajah di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan. Taman ini juga memiliki pusat pelatihan gajah dengan akomodasi di dekatnya. Ini juga memiliki area bakau, hutan air tawar, dan garis pantai. Sayangnya, taman dan hewan-hewan yang terancam punah terus-menerus terancam perburuan.

Taman Nasional Bali Barat

Meskipun banyak bagian dari Bali sekarang menjadi tujuan wisata yang berkembang dengan baik, keindahan alam mentah tetap di ujung wilayah barat lautnya. Taman Nasional Bali Barat memiliki tanaman hijau subur, perbukitan megah, dan pegunungan, serta pantai-pantai indah nan asri. Taman ini adalah rumah bagi beberapa spesies endemik dan burung-burung eksotis, termasuk Bali Starling putih yang terancam punah, gembong suci, dan banyak lagi. Area taman juga mencakup Pulau Menjangan, tempat menyelam favorit yang terkenal dengan dindingnya yang indah dan karang yang tak tersentuh.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman nasional ini menyoroti Gunung Bromo, gunung berapi aktif yang menakjubkan yang berada di tengah dataran yang disebut Segara Wedi (Lautan Pasir). Puncak ikon yang ditiup, menunjukkan kawah aktif yang mengeluarkan asap belerang putih, telah menjadi salah satu pemandangan paling populer dari Indonesia. Taman nasional juga memiliki Gunung Semeru, juga dikenal sebagai “Gunung Hebat” atau Mahameru, yang tertinggi dan salah satu gunung berapi paling aktif di Jawa. “Tengger” dari nama taman nasional mengacu pada orang Tengger yang mendiami area di sekitar taman, sebuah komunitas kuno yang diyakini sebagai keturunan pangeran Kerajaan Majapahit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *