Cara Melakukan Perjalanan di Indonesia dengan Sikap Bertanggung Jawab

By | 14 Desember 2019

Alam menawan Indonesia yang kaya dan budaya yang kaya dapat membuat Anda ingin mengemas tas Anda dan segera pergi ke negara ini. Tetapi sebelum Anda mencoret daftar ember dengan petualangan yang mengasyikkan, pelajari cara melakukan perjalanan secara bertanggung jawab di Indonesia untuk memastikan perjalanan yang lebih menyenangkan dan bermakna.

Beli Lokal

Baik itu layanan wisata, makanan, atau suvenir, beli dari penduduk setempat jika memungkinkan. Anda mungkin tergoda untuk makan di restoran kelas atas atau berantai tiga kali sehari, tetapi membeli makanan dari restoran kecil yang dikelola keluarga (warung) tidak hanya akan berkontribusi pada ekonomi lokal, tetapi juga memberi Anda pengalaman Indonesia yang otentik. Anda mungkin tidak keberatan dengan harga tinggi pada barang impor, tetapi cinderamata atau kerajinan tangan lokal tidak hanya lebih terjangkau, mereka juga lebih pribadi dan otentik. Demikian juga, pergi ke pasar tradisional tidak hanya akan memberi Anda produk dan barang yang terjangkau, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan. Ingatlah bahwa apa yang Anda anggap sangat kecil dapat menghabiskan waktu di meja keluarga selama berhari-hari.

Pikirkan Tempat Suci

Banyak komunitas di Indonesia masih hidup secara tradisional dan memiliki kepercayaan kuno. Berhati-hatilah dengan tempat Anda menginjakkan kaki dan apa artinya tempat itu bagi penduduk setempat. Anda dapat mengunjungi objek wisata yang tidak mengetahui bahwa itu dulunya adalah istana atau kuil kerajaan di zaman kuno, atau jika karena alasan tertentu sejarah tempat itu memenuhi syarat sebagai tempat suci, seperti yang dinilai oleh penduduk setempat. Di banyak tempat, beberapa gunung dianggap sebagai tempat tinggal para dewa dan karenanya sangat spiritual dan sakral. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan di tempat-tempat seperti itu, termasuk mengganggu lingkungan, meninggikan suara Anda, mengutuk, dan apa pun yang menunjukkan rasa tidak hormat. Di beberapa kuil, wisatawan akan diminta atau bahkan diminta untuk menutupi kaki dan dada mereka.

Pekerjakan Pemandu Lokal

Indonesia memiliki banyak objek wisata dengan segala macam keindahan. Tetapi banyak dari tempat-tempat itu lebih dari sekadar permen, mereka juga merupakan situs yang memiliki makna budaya atau sejarah. Teras sawah yang indah di Bali, misalnya, memberi kesaksian tentang filosofi spiritual dan tatanan sosial masyarakat. Turis yang tidak melihat pentingnya wawasan lokal sering kehilangan banyak hal. Jika Anda ingin menjelajahi di luar apa yang terlihat oleh mata, pekerjakan pemandu lokal bila memungkinkan. Itu tidak hanya akan menguntungkan Anda, tetapi juga membantu pariwisata berkelanjutan dan berkontribusi pada ekonomi lokal.

Hormati Satwa Liar

Saat berada di Indonesia, Anda sering berbagi lingkungan dengan banyak keanekaragaman hayati, dari tanaman hingga hewan. Ini berarti bahwa semua yang Anda lakukan akan berdampak pada mereka, dan tidak hanya dalam arti umum, tetapi dalam efek yang sangat dekat dan langsung. Sebagian besar taman nasional berusaha menjaga ekosistem sealami mungkin. Memberi makan hewan hal-hal aneh, menggunakan flash kamera Anda, atau bahkan menyentuhnya dapat membuat kerusakan lebih banyak daripada yang Anda sadari. Pastikan Anda tahu apa yang sesuai di tujuan spesifik Anda.

Pelajari Cara Berinteraksi dengan Warga

Orang Indonesia pada umumnya bersahabat dengan turis, tetapi jangan biarkan perbedaan budaya dan kebodohan mengusir mereka, atau lebih buruk, membuat mereka merasa tersinggung. Itu dianggap tidak sopan untuk menunjuk dengan jari telunjuk. Jika Anda benar-benar harus menunjuk ke suatu tempat atau arah, gunakan ibu jari atau seluruh telapak tangan Anda. Menyentuh orang lain dari jenis kelamin yang sama dalam cara yang bersahabat adalah hal biasa, tetapi sentuhan atau penampilan kasih sayang di depan umum antara pria dan wanita sering membuat penduduk setempat tidak nyaman. Jika memungkinkan, cobalah mempelajari beberapa frasa lokal untuk menunjukkan rasa hormat. Bahkan jika Anda salah mengucapkannya, penduduk setempat akan menghargai sentimen dan menyukai Anda lebih baik!

Jauhi Obat

Ini terdengar seperti klise, sentimen umum yang tertulis di poster, tetapi ini tidak dapat ditekankan cukup untuk wisatawan asing yang bepergian di Indonesia. Kepemilikan dan distribusi obat-obatan terlarang adalah pelanggaran serius di Indonesia, dapat dihukum hingga hukuman mati (dan ini berlaku bagi siapa saja dari mana saja). Pihak berwenang serius tentang menghapuskan penyalahgunaan narkoba; Oleh karena itu membawa narkotika ke negara tidak hanya akan melanggar itu, itu juga akan membuat Anda menjadi banyak masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *