Iniliah Produk Asli Indonesia Yang sudah Dikenal Seluruh Dunia

By | 20 Desember 2019

Indonesia mungkin tidak diakui secara global sebagai negara yang berpikiran cerdas dan penemu, tetapi inovasi kuno dan modern bangsa tersebut telah memberikan kontribusi besar bagi kehidupan banyak orang. Temukan penemuan hebat yang kami dapat berterima kasih kepada Indonesia.

Indomie

Merek mie instan terpopuler di Indonesia juga telah mendapatkan kekaguman dari orang-orang di seluruh dunia. Harga yang relatif murah dan rasa yang kuat telah membuat produk ini banyak dikonsumsi di Indonesia, dan di banyak negara lain juga. Indomie memiliki banyak variasi rasa, dari kari ayam hingga soto (kaldu Indonesia), rendang daging sapi hingga ayam bakar.

Tempe

Tempe (atau tempe dalam bahasa Indonesia) semakin populer sebagai alternatif protein sehat dalam diet vegetarian atau vegan. Tetapi jauh sebelum produk berbasis kedelai mulai muncul dalam gaya hidup para blogger dan memasuki pasar global, masyarakat kuno di Jawa, Indonesia, telah mengonsumsi tempe dalam makanan sehari-hari mereka. Sumber protein seperti kue ini juga kaya serat dan vitamin karena proses fermentasi yang digunakan untuk membuatnya.

Permen kopi Kopiko

Jauh sebelum ada Starbucks di setiap sudut, orang Indonesia telah menciptakan kafein nyaman mereka sendiri. Permen kopi ini dianggap inovatif dan telah diekspor ke setidaknya 90 negara. Sama seperti secangkir kopi, sebatang permen ini memiliki efek energi dengan rasa kopi yang kuat.

Jamu

Jamu adalah minuman herbal tradisional Indonesia yang kemanjurannya dalam meredakan berbagai penyakit telah teruji oleh waktu. Banyak obat-obatan modern menggunakan formula jamu untuk mengembangkan produk mereka, termasuk Tolak Angin yang populer, obat herbal untuk mengobati pilek biasa. Kualitas produk telah membuat obat berbasis jamu ini populer di banyak negara Asia, Australia, dan Belanda.

Batik

Batik adalah kerajinan berusia berabad-abad yang dipraktikkan di banyak bagian Indonesia. Daerah yang berbeda memiliki filosofi, desain, dan teknik mereka sendiri, semua berkontribusi pada kekayaan tradisi ini. Motifnya yang indah dan signifikansi budayanya telah menjadikan batik sebagai suvenir yang populer untuk dibawa pulang dari Indonesia. Tergantung pada daerahnya, wisatawan dapat menemukan pola batik dengan pengaruh asli, Cina, India, bahkan Eropa atau agama.

Sepeda Poligon

Sepeda tugas berat ini telah diproduksi tanpa branding di Indonesia sejak 1989. Produk ini telah diimpor ke dan dijual sebagai merek yang berbeda di berbagai negara. Sekarang, pabrikan telah memilih Polygon untuk menjadi mereknya sendiri dan untuk terus melayani pelanggan dari seluruh dunia dengan namanya sendiri. Polygon juga telah dipercaya oleh tim dan atlet kelas dunia karena kualitas dan desainnya.

Daging Rendang

Awalnya resep tradisional dari orang Minangkabau di Indonesia, popularitas hidangan ini telah meluas ke seluruh bangsa, dan bahkan ke banyak negara lain. Daging yang empuk dan pasta yang tebal dan gurih dengan cepat mencuri hati banyak orang. Hidangan ini bahkan memenangkan jajak pendapat CNN tentang “50 Makanan Paling Lezat Dunia” pada tahun 2011. Awalnya disajikan selama upacara dan acara-acara khusus, resepnya membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyiapkan dan menggunakan banyak rempah yang berbeda.

Kopi Luwak

Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia, tanpa sengaja ditemukan oleh petani kopi biasa di Indonesia selama era kolonial Belanda. Suatu hari, petani kopi, yang tidak diizinkan mencicipi komoditas global, memperhatikan bahwa kotoran dari jenis luwak tertentu yang disebut luwak mengandung biji kopi yang utuh. Karena penasaran, petani itu mencuci dan menyeduh biji kopi, menghasilkan rasa kopi yang unik dan ringan karena proses fermentasi dalam sistem pencernaan musang.

Pemindai 4D

Sebuah teknologi yang disebut Electrical Capacitance Volume Tomography (ECTV) memungkinkan untuk melakukan pencitraan partikel dalam 4 dimensi di dalam reaktor kimia. Penemuan ini pertama kali dikembangkan sebagai bagian dari upaya untuk menemukan sumber energi baru dan telah membantu inisiatif dalam banyak hal. Teknologi yang ditemukan oleh Dr. Warsito Purwo Taruno juga akan membantu meningkatkan sektor lain dari medis ke teknologi nano.

Radio Magno

Radio kayu ini disukai karena kualitas vintage dan desain yang dipersonalisasi. Banyak pelanggan bahkan percaya bahwa bahan kayu lilin, tanpa lapisan tambahan, membuat suara lebih baik dan lebih jelas. Saat ini, banyak radio Magno telah dilengkapi dengan dock untuk terhubung ke mp3 player, slot kartu SD, dan banyak lagi. Produk yang pertama kali berasal di Temanggung, Jawa Tengah, sudah memiliki tiga distributor global utama di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Teknologi 4G

Sementara Khoirul Anwar dari Indonesia tidak benar-benar menemukan seluruh teknologi, ia menemukan bagian penting yang disebut OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing), yang kemudian digunakan untuk mengimplementasikan sistem. Singkatnya, penemuannya yang dipatenkan membantu meningkatkan efisiensi perangkat komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *