10 Gunung Berapi Menakjubkan di Indonesia yang Layak Dikunjungi

By | 19 November 2019

Terletak di wilayah seismik paling aktif di planet yang disebut Cincin Api Pasifik, gunung berapi Indonesia tidak hanya yang paling indah, mereka juga paling dinamis dan sibuk. Bagi wisatawan petualang, ini adalah gunung berapi paling menakjubkan di Indonesia yang pantas dikunjungi.

Gunung Rinjani

Gunung (Gunung) Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, terletak di pulau indah surga Lombok. Alam yang indah yang mengelilingi gunung telah menginspirasi wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung bahkan hanya untuk mendaki gunung di sekitar bukit. Namun, kecantikan yang tak tertandingi menanti mereka yang bertekad untuk mencapai puncak. Gunung ini memiliki danau kawah yang sangat indah yang disebut Segara Anak di puncaknya, dengan air biru yang menakjubkan dan tanaman hijau subur di perbukitan sekitarnya.

Gunung Rinjani, Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Gunung Ijen

Pendakian melalui Gunung Ijen tidak hanya akan menghadiahi pengunjung dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan angin sejuk, tetapi juga dengan api belerang biru yang menyala di kaldera. Wisatawan lokal dan internasional telah mendaki gunung ini untuk melihat fenomena dunia lain dan tidak kecewa. Pengunjung juga dapat membawa kembali oleh-oleh yang dijual oleh penambang di gunung, patung-patung indah yang diukir dari belerang.

Gunung Agung

Gunung Agung adalah titik tertinggi di pulau surga Bali . Dihormati karena lebih dari keindahan alamnya, gunung ini dianggap sebagai situs suci oleh orang Bali; Olympus mereka sendiri di mana para dewa menentukan takhta mereka. Semangat gunung ini dihormati di kuil-kuil Bali, dan gunung itu sendiri adalah rumah bagi candi terbesar di pulau itu atau ‘Kuil Ibu’, Besakih. Karena pemandangannya yang menantang dan kesuciannya, menyewa pemandu lokal adalah wajib saat mendaki gunung ini.

Gunung Agung, Jungutan, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia. Terletak di kaldera padat di tengah dataran “Lautan Pasir”, menawarkan pemandangan menakjubkan berbagai struktur pegunungan dalam satu bingkai. Bromo juga lebih disukai karena mencapai puncak bisa mudah – wisatawan dapat menyewa jip ke daerah pasir di dekat gunung, melanjutkan dengan menunggang kuda, kemudian naik melalui tangga ke kawah.

Gunung Bromo, Podokoyo, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia

Gunung Merbabu

Merbabu adalah salah satu pendakian paling populer di Jawa dengan ketinggian 3.142 meter, cukup tinggi untuk menjulang di atas pegunungan lain yang terlihat di daerah sekitarnya. Pendakian ke puncak akan menghadirkan pengunjung dengan sabana yang indah, bukit-bukit, vegetasi yang subur dan pemandangan pegunungan lainnya di latar belakang. Gunung ini memiliki lima calderas yang menakjubkan dan bidang edelweiss yang luas di dekat puncak.

Gunung Merbabu, Suroteleng, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia

Gunung Batur

Salah satu tempat paling populer untuk matahari terbit di Bali, jalur hiking untuk gunung ini sering penuh dengan wisatawan. Meski setinggi 1.717 meter, kenaikan ke puncak dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari tiga jam. Terletak di salah satu calderas terbesar di dunia, Gunung Batur berutang keindahan alamnya ke puncak saudara sekitarnya. Selain udara pegunungan yang sejuk dan ‘kaldera ganda’ yang menakjubkan, pengunjung juga akan disambut dengan pemandangan Gunung Abang yang megah di latar belakang.

Gunung Batur, Batur Selatan, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia

Gunung Semeru

Semeru adalah puncak tertinggi di Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia, menempatkannya pada daftar gunung berapi yang menakjubkan untuk ditaklukkan di Indonesia. Fitur alami tidak mengecewakan, dengan sabana yang luas, lereng yang menakjubkan, danau air tawar yang indah, dan ladang verbena Brasil sebelum puncak. Mendaki gunung ini bisa berbahaya tergantung pada aktivitas vulkaniknya, jadi sebaiknya periksa statusnya sebelum memulai perjalanan.

Gunung Merapi

Berarti “gunung api” dalam dialek lokal, Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Letusan besar terbaru terjadi pada 2010, menewaskan lebih dari 200 orang termasuk penjaga gerbang gunung, Mbah Maridjan. Gunung ini relatif tenang sejak saat itu, sehingga memungkinkan untuk mendaki ke tepi kawah. Pengunjung juga dapat menjelajahi reruntuhan peradaban yang dulunya hidup di sekitar gunung berapi sebelum letusan terakhir. Beberapa bagian dari gunung ini sekarang menjadi tujuan wisata-geo yang populer dan juga berfungsi sebagai situs konservasi dan pendidikan.

Gunung Merapi, Suroteleng, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia , terletak di pulau Sumatra. Di puncak, pengunjung dapat menikmati pemandangan tanpa batas ke kota-kota sekitarnya, bahkan Samudra Hindia. Ia memiliki kawah besar dengan air hijau cemerlang, yang terletak di dekat danau rawa jernih bernama Bento. Tapi mungkin pesona yang paling dinanti dari gunung ini adalah margasatwa yang berkembang. Gunung Kerinci adalah habitat alami harimau dan badak Sumatra yang dilindungi, serta burung dan spesies liar lainnya.

Gunung Tambora

Terletak di Nusa Tenggara Barat, gunung berapi ini bertanggung jawab atas ledakan vulkanik terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah pada tahun 1815, menewaskan setidaknya 71.000 orang dengan letusan yang dapat didengar lebih dari 2.000 kilometer jauhnya dan menyebabkan “Tahun tanpa Musim Panas” di seluruh dunia, tahun berikutnya. Tragedi itu meninggalkan peninggalan alam yang mengesankan, sebuah kawah besar selebar tujuh kilometer. Sejak ledakan besar, Tambora sekarang relatif tenang dan aman untuk mendaki.

Gunung Tambora, Kawinda Toi, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *